Wednesday, May 22, 2013

4onceinurlife.blogspot.com - Halo pembaca setia 4onceinurlife.blogspot.com, kini saya kembali akan berbagi tentang pengalaman - pengalaman saya. Untuk cerita pengalaman kali ini, saya akan bercerita tentang pengalaman saya di Waroeng Spesial Sambal!

Sudah tentu tidak asing lagi bagi teman - teman dengan ucapan "Waroeng Spesial Sambal", terutama bagi teman - teman yang tinggal di daerah Yogyakarta.

Beberapa saat yang lalu, saya  pergi dengan pujaan hati saya (ecieeeeeehh) ke Waroeng Spesial Sambal, tepatnya Waroeng Spesial Sambal yang berada di daerah babasari. disana saya menemukan tips menarik dari Waroeng Spesial Sambal, berikut dibawah ini adalah tipsnya.

spesial sambal

Cuaca Panas Makanlah Cabai
Pernahkah para big boss perhatikan mengapa di negara-negara bercuaca panas para penduduknya menyukai masakan pedas?. Tengok saja di India, Afrika, Amerika Latin dan Asia Tenggara khususnya Indonesia, mereka semua gemar masakan berbumbu pedas.
Yup! tentu saja ada alasannya. Para Big Boss yang pintar tentu sudah bisa menebak : makanan pedas (tersangka utama : cabai) membuat kita berekeringat. Dan keringat yang keluar membuat tubuh kita dingin lebih cepat. Cukup sederhana bukan ??

Banyak yang berpendapat saat cuaca panas terik maka lebih segar adalah minum segelas es teh segar atau makan es krim. Adalah benar jika kita membuat dingin tubuh lebih cepat. Namun efek selanjutnya justru sebaliknya. Kita akan merasa panas dan gerah kembali setelah beberapa waktu. Hal ini disebabkan karena suhu tubuh internal kita didinginkan terlalu cepat. Tubuh kita berusaha mengimbanginya dengan menaikkan temperatur badan. Hasilnya kita merasa lebih panas !

Sebaliknya, saat kita memakan makanan pedas, maka ia akan menaikkan suhu tubuh internal kita sehingga sama dengan suhu di luar tubuh. Peredaran darah akan meningkat, kita akan mulai berkeringat dan kelembaban kita menguap. Mulailah proses pendinginan dalam tubuh kita. Paa ilmuwan menyebut fenomena tersebut dengan "wajah pengecap keringat" karena menilik pada fakta bahwa biasanya kita berkeringat dari daerah wajah terlebih dahulu.

Walaupun bagi kebanyakan orang, makan sambal dan makanan pedas lainnya dirasa kurang "pas" saat cuaca panas, namun faktanya hal tersebut justru dapat membuat kita "cooling down" alias membuat dingin tubuh. Nah, apakah para Big Boss berani mencoba ??

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!